Usulan Struktur Kurikulum 2013

Gambar

(Foto. kompas.com.edukasi)

Memang harus kita akui, kurikulum yang baik adalah kurikulum yang dinamis, bergerak kedepan, sebab, kurikulum juga harus mampu menyongsong masa depan dunia ini, kurikulum adalah hanya seonggok barang mati yang seharusnya mudah diterjemahkan kedalam bahasa pengajaran, bahasa pendidikan, bahasa sosial dan bahkan harus mudah diterjemahkan kedalam bahasa kehidupan.

Orang yang utama dan pertama yang harus bisa menterjemahkan kurikulum kedalam bahasa pengajaran, bahasa pendidikan, bahasa sosial dan bahkan kedalam bahasa kehidupan adalah guru-guru yang qualified, makanya sering penulis katakan 80% keberhasilan KBM ditentukan oleh guru.

Kurikulum yang baik adalah kurikulum yang tidak memberatkan guru, mudah dicerna baik oleh guru atau peserta didik itu sendiri, yang pada akhirnya bermuara terhadap keberhsilan proses belajar menngajar. Muatan-muatan kurikulum itu, harus mudah diterjemahkan kedalam kehidupan kita, yang pada akhirnya tidak stagnasi dan naymbung didalam dunia nyata. Kurikulum harus mampu berpacu dengan waktu, kurikulum harus mampu mengejar matahari.

Posted on Desember 20, 2012, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: